Pengertian Komunikasi Telepon Kabel Beserta Penjelasan Detail

Pengertian Komunikasi Telepon Kabel Beserta Penjelasan Detail


Proses Komunikasi pada jaringan telepon kabel merupakan sistem informasi yang dituangkan ke dalam bentuk tulisan karya ilmiah.

Alat komunikasi ini sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia dalam berkomunikasi. Hal ini ditandai begitu pesatnya perkembangan alat telepon dari awal ditemukan hingga sekarang. Faktanya begitu jelas setiap orang pasti membutuhkan alat ini pada zaman maju sekarang ini guna kebutuhan komunikasi dan informasi.

Apa itu telepon ?

Kata telepon berasal dari bahasa yunani yang terdiri dari kata tele (jauh) dan phone (bunyi). Jadi, telepon merupakan alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya berupa suara.

loading...

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Awalnya, penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts pada tahun 1876.

Namun, penemu Italia bernama Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. Oleh karena itu, pada september 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh konggres Amerika, bukan Alexander Graham Bell.

Sejarah Awal Perkembangan Telepon
  • 1871, Antonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel.
  • 1875, perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit.
  • 1876, perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf.
  • 1877, The Charles Williams Shop merupakan tempat di mana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson, yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga dtelah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen, diafragma besi, dan dering panggilan.
  • 1878, papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran di bawah kepemimpinan Theodore N. Vail, perusahaan Bell mempunyai 10.000 telepon yang dapat digunakan.
  • 1880, sirkuit metalic pertama dipasang. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire.
  • 1891, telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. Telepon akan bekerja secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi.
  • 1915, telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara.
Cara Kerja Telepon Kabel

Telepon kabel menggunakan sistem wireline. sehingga membutuhkan kabel supaya dapat berfungsi. Wireline adalah media transmisi dengan menggunakan kabel sebagai perantara antara pengirim dan penerima.

Wireline biasanya digunakan untuk jaringan dalam jarak dekat seperti dalam satu kantor atau gedung. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan wireline dapat digunakan untuk jaringan komunikasi jarak jauh, seperti pada pesawat telepon dan sambungan Internet. Cara kerja telepon kabel antara lain :

  • Suara dari pengirim diterima oleh alat yang disebut microphone.
  • Microphone mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik, kemudian disalurkan oleh perangkat telepon.
  • Sinyal tersebut disalurkan melalui kabel ke pusat telekomunikasi.
  • Dari pusat telekomunikasi sinyal tersebut diteruskan kepada penerima.
  • Setelah sampai ke penerima, maka sinyal tersebut diubah lagi menjadi gelombang suara oleh alat yang disebut speaker.

Telepon bekerja dengan cara mengirimkan gelombang suara melalui arus listrik dalam jaringan telepon sehingga kita bisa berkomunikasi dengan pengguna telepon lainnya. Penerima telepon akan menangkap getaran elektrik suara kita sebagaimana suara yang didengarnya.

Kelebihan dan Kekurangan Telepon Kabel

Kelebihan :

  1. Suara yang terdengar lebih jelas.
  2. Sinyal lebih terjamin dan kuat karena menggunakan kabel sebagai pengirim sinyal.
  3. Bisa membantu komputer untuk terkoneksi internet melalui hotspot kabel.

Kekurangan :

  1. Memerlukan biaya yang mahal
  2. Tidak bisa dibawa kemana-mana
Perbedaan Kabel LAN dan Kabel Telepon

LAN-» Pada kabel LAN menggunakan konektor RJ 45 (Registered Jack 45). Kabel ini adalah konektor untuk kabel UTP dengan 8 kabel (4 pair) juga kabel Ethernet yang biasa digunakan dalam topologi jaringan komputer LAN maupun jaringan komputer tipe lainnya. Konektor RJ-45 ini memiliki konfigurasi dua macam, sesuai dengan perangkat yang ingin dihubungkannya yaitu tipe straight dan tipe crossover.

Telepon Kabel-» kabel yang digunakan untuk telepon kabel adalah RJ-11 (Registered Jack 11) hampir sama dengan RJ-45, tapi konektor ini hanya untuk kabel UTP yang memiliki 4 kabel yang digunakan oleh jaringan telepon.

Kesimpulan

Telepon kabel adalah alat komunikasi yang menggunakan kabel sebagai pengirim sinyal-sinyal listrik yang kemudian sinyal tersebut dikirim ke pusat telekomunikasi lalu disalurkan ke nomor penerima yang dipilih.