Apa Itu Wifi Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Apa Itu Wifi Serta Fungsi dan Cara Kerjanya

Sebenarnya apa itu wifi? Apa fungsi dari wifi dan bagaimana cara kerjanya.

Update 25 Juli 2019

Semua itu akan indohunter jelaskan secara detail di artikel ini. Maka dari itu, simak pembahasannya dibawah ini.

loading...

Apa Itu WIFI ?

Original Logo WIFI

Original Logo WIFI

Hampir diseluruh dunia WI-FI didefinisikan sebagai singkatan dari Wireless Fidelity. Akan tetapi faktanya berbeda.

Istilah Wi-Fi, pertama dipakai secara komersial pada bulan Agustus 1999, yang dicetuskan oleh sebuah firma konsultasi merek bernama Interbrand Corporation.

Wi-Fi Alliance mempekerjakan Interbrand untuk menentukan nama yang “lebih mudah diucapkan daripada ‘IEEE 802.11b Direct Sequence”.

Belanger juga mengatakan bahwa Interbrand menciptakan Wi-Fi sebagai plesetan dari Hi-Fi (high fidelity), mereka juga merancang logo Wi-Fi.

Wi-Fi Alliance membuat slogan iklan asal-asalan “The Standard for Wireless Fidelity” dan sempat menggunakannya sesaat setelah merek Wi-Fi diciptakan.

Karena slogan tersebut, orang-orang salah mengira bahwa Wi-Fi merupakan singkatan dari “Wireless Fidelity” meski kenyataannya bukan.

Wireless Fidelity (WIFI) adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan peralatan elektronik untuk bertukar data secara nirkabel (menggunakan gelombang radio) melalui sebuah jaringan komputer, termasuk koneksi Internet berkecepatan tinggi.

Teknologi nirkabel telah cukup terkenal di berbagai tempat seperti di rumah, tempat kerja, sekolah, bandara, hotel, di beberapa restoran dan tempat lainnya.

Jaringan nirkabel ini kemudian dikenal sebagai Wi-Fi atau 802.11, karena menggunakan teknologi IEEE 802.11. Salah satu keunggulan Wi-Fi adalah kompatibiltasnya dengan hampir semua sistem operasi, perangkat game, dan printer canggih.

Frekuensi Pada WIFI

Sebuah jaringan nirkable akan ditransmisikan pada level frekuensi 2,4 GHz atau 5GHz, sesuai dengan besaran data yang dikirim oleh pengguna. Standar jaringan 802.11 pada umumnya juga akan tergantung pada kebutuhan pengguna.

802.11a akan mentransmisikan data pada level 5GHz. Orthogonal Frequency-Division Multiplexing (OFDM) menggunakan resepsi dengan cara membagi sinyal radio ke dalam ukuran kecil, sebelum sampai pada perangkat router. Anda dapat mentransmisikan data sampai 54 MB per detik.

802.11b akan mentransmisikan data pada level frekuensi 2,4GHz, yang kecepatannya relatif lebih kecil. Anda dapat mentransmisikan data sampai 11 MB per detik.

802.11g akan mentransmisikan data pada level 2,4GHz, tetapi dapat mentransmisikan data sampai 54 MB per detik, jika menggunakan pengkodean OFDM.

Keunggulan dari 802.11n adalah mampu mentransmisikan data sampai 140 MB per detik dan menggunakan frekuensi 5GHz.

Cara Kerja WI-FI

Seperti perangkat ponsel, sebuah jaringan Wi-Fi menggunakan gelombang radio untuk mentransmisikan informasi ke dalam jaringan.

Komputer yang memiliki adaptor nirkabel akan menerjemahkan data yang telah dikirim dalam bentuk sinyal radio. Sinyal yang sama ini akan ditransmisikan melalui antena, menuju decoder yang dikenal sebagai router.

Begitu sinyal tersebut diterjemahkan, data akan dikirim ke jaringan internet melalui sambungan Ethernet.

Karena jaringan nirkabel ini merupakan jaringan dua-arah, data yang diterima dari jaringan internet juga akan melewati router.

Tujuannya untuk dikodekan ke dalam bentuk sinyal radio, yang akan diterima oleh perangkat adaptor nirkabel dari sebuah komputer.

Sederhananya, WIFI bekerja dengan memafaatkan gelombang radio. Berbagai data yang diminta atau dikirimkan pengguna melesat di udara menggunakan gelombang radio.

Agar dapat menerjemahkan data atau dokumen yang dikirim melalui gelombang radio ini, sebuah komputer harus memiliki adaptor wireless sehingga dapat terhubung dengan WIFI.


Fungsi WIFI

Salah satu fungsi WIFI adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal maupun jaringan internet.

Namun apakah hanya sebatas itu saja fungsi Wifi? Ternyata, masih ada lagi fungsi Wifi yang mungkin belum Anda sadari, seperti beberapa fungsi yang saya cantumkan di bawah ini.

1. Menghubungkan Perangkat Kedalam Jaringan

Berbeda dengan jaringan kabel LAN yang terbatas penggunanya karena membutuhkan banyak kabel LAN agar dapat terkoneksi. WIFI bisa digunakan di banyak komputer, smartphone tanpa menambah jumlah kabel. Dengan begitu, WIFI memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

2. Modem Dari Smartphone

Memang dengan adanya WIFI, sebuah smartphone dapat terhubung dengan internet sehingga pengguna tak perlu lagi menggunakan paket data.

Namun tak hanya itu, jika smartphone Anda mendukung perangkat wireless (Hotspot WIFI), maka Anda bisa menjadikan smartphone tersebut sebagai modem.

Hal ini sangat berguna terutama jika Anda bepergian ke tempat yang tidak tersedia WIFI. Jika paket data Anda cukup banyak, maka ketika ingin mengakses internet melalui laptop misalnya, Anda dapat memfungsikan smartphone sebagai modem yang menggunakan sinyal WIFI untuk terhubung ke laptop.

3. Berbagi Data Antar Perangkat

Misalkan Anda mempunyai dua buah perangkat elektronik, lalu ingin memindahkan data di salah satunya ke perangkat lainnya.

WIFI dapat dimanfaatkan untuk hal ini, sehingga kabel data tak lagi dibutuhkan dan menyebabkan pekerjaan lebih praktis dan efisien.

Seperti Aplikasi Android SHAREit yang memanfaatkan WIFI serta Bluetooth untuk mengirimkan berbagai data dari perangkat ke perangkat lainnya.

4. Kecepatan Internet Lebih Stabil dan Kencang

Hal ini tentu sudah dipahami oleh pengguna smartphone. Berbeda dengan saat mengakses internet melalui jaringan seluler yang terkadang cepat terkadang lambat tergantung keberadaan sinyal, biasanya kecepatan akses internet dengan menggunakan WIFI lebih stabil dan terjamin kecepatannya.

Salah satu indikasinya adalah Anda bisa melakukan streaming video tanpa putus-putus, pengunduhan yang lebih cepat, akses yang hanya membutuhkan sedikit loading bahkan tanpa loading.

WIFI tentu memiliki kelebihannya tersendiri, seperti memudahkan pengguna karena lebih fleksibel dan pengguna bisa berpindah tempat, jaringan internet dapat diakses lebih mudah, juga penggunaan listrik yang lebih sedikit.

Walau begitu tak bisa dihindari pula terdapat kekurangan yang perlu diwaspadai, seperti jaringan yang kurang aman dan bisa disadap, perangkat yang cukup mahal, juga kekuatan sinyal yang bisa saja menurun jika kondisi cuaca buruk.

Demikianlah pembahasan mengenai apa itu WIFI. Semoga kalian bisa memahami apa yang saya tulis disini.