Apa itu telepon satelit? Bagaimana cara kerjanya

Apa itu telepon satelit? Bagaimana cara kerjanya


indohunter.com | Terdapat begitu banyak jenis telepon di dunia, tetapi adakah telepon yang jangkauannya sampai luar angkasa ? Ternyata ada…simak penjelasan berikut ini agar kalian paham.

Apa itu telepon satelit

Telepon satelit adalah suatu layanan telekomunikasi berupa telepon tanpa kabel yang menempatkan base transceiver station (BTS) nya di udara sehingga memiliki jangkauan lebih luas dibanding telepon berbasis GSM (seluler) yang menempatkan BTS-nya di darat.

loading...

Lalu, darimana kita bisa bertelepon? Apakah ada tempat khusus-nya…

Karena memiliki jangkauan yang luas, telepon satelit dapat digunakan di daerah pegunungan, pedalaman hingga di tengah lautan. Berbeda dengan telepon GSM (seluler) yang jangkauannya terbatas. Telepon satelit tidak menggunakan infrastruktur yang ada di bumi untuk melakukan panggilan.

Bagaimana cara telepon satelit bekerja…

Ternyata telepon satelit memiliki kemiripan dengan telepon seluler yang biasa kita pakai. Dalam segi cara kerjanya telepon satelit hampir sama, yang membedakan yaitu telepon satelit memantulkan sinyal panggilan ke satelit yang berada diluar angkasa sedangkan telepon seluler memantulkan sinyalnya ke menara pemancar lalu ke telepon tujuan.

Antena telepon Satelit haruslah berada ditempat yang dapat terkoneksi dengan langit secara langsung (tidak ada penghalang).

Telepon satelit diciptakan sebagai solusi terhadap tempat-tempat terpencil maupun sebuah perusahaan yang susah dijangkau sinyalnya. Contohnya dari lokasi pengeboran minyak dilepas pantai ke kantor pusat.

Sistem Jaringan Pada Telepon Satelit

Ada 2 jenis sistem jaringan telepon satelit yaitu :


1. Sistem Geosynchronous


Sistem geosynchronous adalah jaringan telepon satelit dimana satelit tetap diam di satu tempat atau tetap berada diatas kita, satelit mengorbit mengikuti orbit bumi.

Posisi satelit tidak berubah dan terus mengikuti putaran bumi. Satelit ditempatkan di tempat sangat tinggi, mencapai 30.000 kilometer dari permukaan bumi.

Fungsinya untuk memberikan cover area lebih luas di bawah satelit. Salah satu layanan telepon satelit Geosnyc adalah AceS yang menyediakan layanan di seluruh Asia Tengara cukup dengan 1 satelit saja. Jaringan satelit GeoSync tidak memerlukan jumlah satelit yang banyak, dengan ukuran satelit telekomunikasi lebih besar.

Karena posisi satelit sangat tinggi, pembicaraan akan terjadi kelambatan dan jangkauan sinyal satelit menjadi lemah bila terganggu cuaca, serta ponsel memerlukan ukuran besar agar dapat memberi sinyal lebih kuat menjangkau antena satelit diatas. Tetapi satelit tetap berada di atas penguna, bila terhubung mendapatkan koneksi stabil.


2. Sistem Low Earth orbit (LEO).


Sistem LEO adalah sistem satelit yang berubah ubah, bergerak dan jumlah satelit harus tempatkan lebih banyak. Setiap satelit mengorbit (berputar) di bumi setiap 1 sampai 1,5 jam.
Mirip seperti satelit navigasi GPS, Glonass atau Baidou.

Satelit orbit rendah tersebut akan terus bergerak lebih cepat dari orbit Bumi agar tetap berada di posisi lebih rendah dan menghindari daya tarik gravitasi bumi

Dibutuhkan beberapa satelit untuk mencover seluruh permukaan bumi. Posisi satelit berada di orbit rendah, antara ketinggian 600km sampai 1100km.

Koneksi lebih cepat untuk menghubungi atau dihubungi, dan relatif tidak terlalu terganggu dengan cuaca. Masalahnya kadang sinyal melemah ketika satelit mulai menjauh dari posisi penelpon.

Layanan telepon satelit ini disebut Iridium, memiliki jumlah 66 satelit yang mengorbit diatas Bumi. Walau posisi satelit lebih rendah, tapi jumlah satelit akan saling bergantian mencover area di seluruh dunia.

Ukuran ponsel lebih portabel sehingga dibuat lebih kecil, karena tidak memerlukan daya besar untuk tranmisi sinyal ke satelit. Lebih umum digunakan bagi mobilitas penguna telepon satelit yang berpindah tempat.

Kelebihan Telepon Satelit

  • Jangkauan sinyal telepon satelit sangatlah luas bahkan sampai samudra
  • Sinyal lebih kuat dan tidak mudah putus akibat suatu bencana alam dan cuaca ekstrim
  • Menghubungkan lokasi yang sangat berjauhan dengan waktu yang singkat

Kekurangan Telepon Satelit

  • Operator yang tersedia hanya sedikit akibat biaya operasional yang mahal
  • Biaya yang dikeluarkan konsumen untuk melakukan sebuah panggilan sangatlah mahal
  • Ukuran telepon yang besar dan berat bahkan ada yang mencapai 2 kilogram
  • Harus berada ditempat terbuka, jika ingin didalam ruangan maka antena harus berada ditempat yang tidak terhalang oleh dinding atau atap

Demikianlah pembahasan mengenai “telepon satelit”. Jika menurut kalian ada kesalahan atau hal lainnya. Mohon ditinjau terlebih dahulu. Jangan lupa SHARE bagikan dan beri kami RATING bintang ★ agar saya selaku pemilik blog lebih bersemangat untuk memberikan konten berkualitas untuk kalian semua. Terima kasih telah berkunjung ^_^