Apa itu komputer ? Penjelasan detail mengenai komputer

Apa itu komputer ? Penjelasan detail mengenai komputer


indohunter.com | Sebenarnya apa sih komputer itu ? Banyak sekali orang yang sudah memakai komputer ini, mungkin anda sudah memakai sebuah komputer atau sering memainkan komputer diwarnet-warnet dekat rumah anda tapi tidak mengetahui definisi komputer…

Pertanyaan tersebut akan saya jelaskan secara lengkap dibawah ini…

Apa itu Komputer ?

loading...

Komputer memiliki istilah yang berbeda. Istilah komputer diambil dari bahasa inggris yaitu to compute atau to reckon yang memiliki arti “menghitung”, Sementara dalam bahasa latin istilah komputer disebut computare memiliki arti “menghitung” juga.

Dalam definisinya komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Awalnya kata komputer diambil untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmetika dengan atau tanpa alat bantu yang kemudian arti kata ini dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Jadi jika anda mempunyai perangkat elektronik yang dapat melakukan perhitungan aritmetika seperti smartphone, kalkulator, handphone dan lain sebagainya maka perangkat tersebut masuk dalam kategori komputer juga.

Jika disimpulkan dari uraian diatas, komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang terdiri dari jutaan komponen-komponen berukuran kecil yang sudah digabungkan menjadi sebuah hardware yang kemudian digabungkan (dirakit) yang dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sesuai perintah yang diberikan yang kemudian menghasilkan data keluaran (output) berupa informasi.

Komponen komputer sendiri terdiri dari processor (Otak komputer), memory (Ram), Motherboard, Hardisk (HDD), Monitor, Casing, Power supply (PSU), Video graphics array (VGA), dan CDRom.

Sejarah Komputer

Penemu komputer pertama adalah Charles Babbage, ia dikenal dunia sebagai salah satu penemu sejarah komputer yang pertama dan telah banyak memberkan karya pada kehidupan manusia sampai sekarang ini.

Mesin penghitung atau bisa di kenal dengan Difference Engine no.1 yang ditemukan oleh Chareles Babbage. Merupakan salah satu icon, yang paling populer dan terkenal dalam sejarah.

Babbage juga dikenal dengan julukan bapak komputer (The Charles Babbage Foundation) dia memakai namanya untuk menghargai jasa atas penemuanya terhadap dunia komputer.

Ada beberapa generasi dalam sejarah perkembangan komputer. Apa saja itu simak penjelasan berikut ini…

1. Generasi Tabung Vakum (1946-1959)

Penciptaan komputer untuk pertama kalinya diciptakan pada tahun 1946 serta menggunakan tabung vakum untuk komponen baku pada komputer ini. Penggunaan tabung vakum sangat tidak efisien karena dapat menghasilkan panas berlebih serta membutuhkan daya listrik yang besar. Komputer ini dibuat oleh Mauchly dengan menggunakan 18.000 tabung vakum berukuran 1800 ft2 dan berat 30 ton.

Komputer generasi pertama ini masih menggunakan bahasa mesin sebagai bahasa pemrogramannya. Bahasa mesin sendiri juga menjadi bahasa pemrograman yang paling dasar dan hanya bisa dipahami oleh komputer. Dalam satu waktu, komputer generasi pertama dapat memecahkan masalah dengan kemampuan yang terbatas.

Input yang digunakan pada komputer generasi pertama ini menggunakan sebuah kartu berlubang atau punched card serta pita kertas. Sedangkan untuk output yang digunakan, komputer generasi pertama menggunakan output berupa print-out. Hampir sekitar 1 juta dollar dihabiskan untuk membuat komputer yang sangat menakjubkan pada masanya.

Ciri-ciri komputer generasi pertama :

  • Hardware dari komputer memiliki ukuran fisik yang jauh lebih besar serta membutuhkan ruang yang luas.
  • Instruksi operasi memang dibuat secara spesifik guna melakukan tugas tertentu.
  • Untuk program hanya dapat dibuat dengan memakai bahasa mesin.
  • Komputer juga memiliki silinder magnetic guna menyimpan data.
  • Memakai simpan luar magnetic disk dan juga magnetic tape.
  • Memerlukan daya listrik yang sangat besar.
  • Perlu alat pendingin karena cepat panas.
  • Memiliki daya simpan yang kecil sehingga kinerjanya kurang cepat.
  • Memakai konsep stored program dengan menggunakan memori utama yakni magnetic core storage.
  • Tabung hampa sebagai sirkuitnya, tabung hampa inilah yang menjadikan ukuran dari komputer saat itu memiliki ukuran yang amat besar.

2. Generasi Transistor (1959-1965)

Generasi selanjutnya (kedua) adalah generasi transistor. Adanya transistor ini juga dapat menjadi tanda munculnya generasi kedua dari komputer. Sehingga tabung vakum tergantikan dengan transistor ini yang mana dapat meningkatkan teknologi pada masa tersebut.

Teknologi transistor ini dipakai sekitar tahun 1959 sampai 1965. Jika dilihat lagi, ukuran transistor jauh lebih kecil dibandingkan dengan tabung vakum. Selain dari segi ukuran, panas yang dihasilkan juga lebih sedikit. Tidak hanya itu, tingkat kegagalan cenderung lebih kecil. Sehingga, transistor dapat menjadi komputer yang lebih baik dari komputer dengan tabung vakum.

Untuk bahasa pemrograman yang digunakan pada komputer ini, tentunya menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Jika sebelumnya menggunakan bahasa mesin, maka pada generasi ini sudah menggunakan bahasa assembly.

Bahasa assembly ini sering kali menggunakan kode-kode semacam singkatan yang mana mengganti kode biner. Pada masa ini juga, bahasa pemrograman CBOL dan FORTRAN juga sedang dikembangkan.

Ciri-ciri komputer generasi kedua :

  • Telah memakai operasi didalam bahasa pemrogaman pada tingkat tinggi fortran dan cobol.
  • Kapasitas untuk memori utama juga sudah di kembang dari magnetic core storage.
  • Mampu untuk melakukan proses real time dan juga real sharing.
  • Menggunakan simpanan luar seperti magnetic tape dan juga magnetic disk.
  • Daya listrik yang diperlukan juga jauh lebih kecil.
  • Kinerjanya juga mulai lebih cepat, dimana sudah dapat melakukan jutaan operasi selama per detik.
  • Ukuran fisik juga sudah jauh lebih kecil apabila dibandingkan dengan komputer di generasi pertama.
  • Orientasi pemakaian program ini juga tidak lagi terpaku pada aplikasi bisnis namun sudah pada aplikasi teknik.

3. Generasi IC (1965-1971)

Pada generasi ketiga atau integrated circuit (IC) komputer sudah menggunakan sirkuit terintegrasi atau IC sebagai pengganti transistor. Teknologi sirkuit terintegrasi ini, menggeser peran transistor sebagai komponen dasar komputer pada masa itu. Tetapi transistor masih digunakan hanya saja ukurannya diperkecil. Beberapa transistor berukuran kecil tersebut diletakkan pada IC yang mana pada IC terdiri dari berbagai transistor, resistor, serta kapasitor.

Teknologi ini pertama kali dikembangkan oleh seorang insinyur listrik yang bernama Jack Kilby. Jack Kilby kemudian diberi penghargaan nobel atas penemuan komputer generasi ketiga ini. Hal ini dikarenakan penemuannya dapat membuat komputer menjadi lebih cepat dan efisien serta membuat komputer dengan IC lebih cepat dari generasi sebelumnya.

Selain itu, komputer IC merupakan komputer pertama yang menggunakan keyboard dan monitor yang mana sebelumnya masih menggunakan kertas. Karena ukurannya lebih kecil dan harganya yang murah, orang-orang pada masa itu dapat membeli komputer ini.

Komputer yang di ciptakan pada generasi ketiga yakni PDP-11, PDP-8, 7000, NCR Century, UNIVAC 9000, Burroughts 5700, 7700, 6700, UNIVAC 1108, IBM S/360, CDC 3000, 6000 dan juga GE 600. Itu semua merupakan komputer yang mana hasil produksi dari pabrik digital equipment corporation.

Ciri-ciri komputer generasi ketiga :

  • Listrik yang digunakan jauh lebih hemat.
  • Software akan jauh lebih meningkat.
  • Kecepatan juga juga sudah memakai IC sehingga kinerja komputer pun akan jauh lebih cepat dan tepat.
  • Memiliki kecepatan yang hampir 10.000 kali jauh lebih cepat di banding komputer generasi pertama.
  • Harga juga lebih terjangkau.
  • Memori juga memiliki kapasitas yang jauh lebih besar serta tidak bisa menyimpan ratusan ribu karakter.
  • Komputer sudah mampu untuk melakukan multiprocessing dan juga multitasking.
  • Komputer juga sudah memakai terminal visual display serta bisa mengeluarkan suara.
  • Memakai media penyimpanan luar yakni disket magnetic yang memiliki sifat pengaksesan data secara acak atau random dengan adanya kapasitas yang cukup besar.
  • Mampu untuk melakukan komunikasi dengan komputer yang lainnya.

4. Generasi Microprocessor (1971-Saat ini)

Sejarah komputer generasi ke empat merupakan kelanjutan dari generasi III. Bedanya bahwa IC pada generasi IV lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV.

Sejarah komputer dan perkembangannya berlanjut hingga pada microprocessor yang sampai saat ini masih digunakan oleh masyarakat, termasuk masyarakat Indonesia. Awal dari komputer microprocessor ini dibuat oleh IBM pada tahun 1971 yang kemudian pada 1984 Apple merilis Macintosh.

Lahirnya generasi komputer microprocessor ini juga menjadi penanda kelahiran internet. Perkembangan dari komputer ini bisa dilihat dengan adanya GUI sebagai tampilan, mouse, serta komputer jinjing atau laptop.

Untuk digunakan sebagai catatan jika komputer- komputer yang ada pada generasi keempat ini memang sama sekali tidak satupun yang PC- compatible maupun macintosh- compatible. Sehingga yang ada pada generasi ini memang belum mempunyai standar untuk sebuah komputer personal atau PC.

Dari istilah PC (personal computer) inilah yang mengartikan jika komputer mulai di pasarkan pada sektor perorangan & pastinya tidak akan sampai disitu saja, akan muncul perangkat komputer terbaru yang jauh lebih mudah untuk dibawa kemana-mana seperti laptop.

Komputer yang ada pada generasi keempat yaitu : Visi Calc, Apple II, Apple I PDP-11, IBM 370 dan juga yang telah memakai prosesor intel 8080 dengan menggunakan sistem operasi control program for microprosesor. Yang memakai bahasa pemrogaman Microsoft basic.

Ciri-ciri komputer generasi keempat :

  • Dapat menggunakan LSI atau large scale integration.
  • Sudah dikembangkan menjadi komputer mikro yang sudah memakai semikonduktor dan juga mikroprocessor yang memiliki bentuk seperti chip untuk memori komputernya.

5. Generasi AI (abad 17-Masa depan)

Sejarah komputer dan perkembangannya terus berlanjut sampai saat ini hingga tercipta sebuah teknologi bernama AI (artificial intelligence) yang pertama kali ditemukan pada abad ke 17 oleh para ilmuan matematika dunia. Namun ketenaran teknologi tersebut baru mencuat sekitar tahun 1950 silam. Christopher Strachey dari University of Manchester, United Kingdom, merupakan programmer yang pertama kali menuliskan AI pada mesin Ferranti Mark I.

Generasi komputer AI yang berarti kecerdasan buatan ini dapat melakukan input yang lebih baik. Sekarang ini sudah banyak brand smartphone yang menggunakan AI. Salah satunya yang digunakan pada kamera-kamera smartphone saat ini.

Bahkan dengan teknologi AI ini, kita dapat menginput bahasa yang diucapkan sehari-hari serta dapat mempelajari lingkungan sekitar serta menyesuaikan keadaan. Sehingga teknologi AI ini dinilai menjadi terobosan terbaru dari komputer, tidak jarang juga sekarang banyak developer yang menggunakan sistem AI ini.

Ciri-ciri Komputer generasi kelima :

  • Komputer masih memakai teknologi LSI yang pastinya akan mempunyai banyak pengembangan.
  • Komputer memiliki fitur yang semakin banyak setiap tahunnya.
  • Akan jauh lebih cepat untuk pemrosesan informasi.

Demikianlah pembahasan artikel tentang “Apa itu komputer” ini. Bila bermanfaat untuk kalian silahkan dibagikan. Beri kami bintang untuk artikel ini agar admin selalu bersemangat untuk memberikan konten berkualitas untuk kalian semua. Terima kasih ^_^