Pengenalan Terhadap Jaringan Berbasis Luas dan Perangkat WAN Serta Standar WAN

Pengenalan Terhadap Jaringan Berbasis Luas dan Perangkat WAN Serta Standar WAN


indohunter.com | Terdapat begitu banyak pilihan yang tersedia untuk mengimplementasikan WAN yang bisa dibedakan berdasarkan teknologi, biaya dan kecepatannya.

Sebelum itu, Apakah kalian sudah tau apa itu WAN ? Jika belum mengetahuinya simak penjelasan berikut.

Apa Itu WAN ?

Wide Area Network atau biasa disingkat WAN adalah sebuah jaringan yang tersebar di beberapa lokasi yang sangat berjauhan antar satu sama lain. Bisa antar Kota, Provinsi, Negara bahkan Benua yang terhubung satu sama lain dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi.

loading...

Jaringan WAN antar benua terhubung dengan menggunakan kabel fiber optik dan menanamkannya di dalam tanah maupun dijalur bawah laut menggunakan teknologi yang super canggih apabila dibandingkan dengan jaringan LAN.

Sebuah WAN memanfaatkan rute data (jalur) untuk mengambil data menuju ke internet dan mengaitkan lokasi perusahaan yang terpisah-pisah.
Telepon dan pelayanan paling banyak dimanfaatkan pada WAN.

Perangkat bagi klien dinamakan dengan istilah CPE (Customer Premises Equipment). Klien atau pelanggan haruslah mempunyai atau menyewa sebuah service provider. Alat & bahan seperti kabel tembaga, serat optik atau wireless sangat diperlukan untuk menyambungkan CPE ke sentral provider terdekat atau ke kantor pusat dari service provider. Fasilitas – fasilitas ini tidak jarang dinamakan dengan nama local loop.



Sebuah perangkat yang meletakkan datanya ke local loop disebut dengan istilah DCE kepanjangan dari Data Circuit-terminating Equipment dan Perangkat klien yang menaruh data ke DCE disebut dengan istilah DTE yang merupakan kepanjangan dari Data Terminal Equipment.

Jalur WAN menyediakan berbagai macam data yang diukur dalam satuan kilobits per second. Perhatikan gambar dibawah ini.



Gambar tersebut merupakan contoh berbagai macam teknologi WAN dan kecepatan yang tersedia.

Perangkat WAN

Perangkat WAN terbentuk dari beberapa LAN yang terhubung dan melalui jalur komunikasi dari service provider.

Diperlukan beberapa perangkat interface agar rute komunikasi bisa bekerja dengan semestinya. Apa saja perangkat – perangkat itu?

Dibawah ini merupakan perangkat – perangkat yang diperlukan.

A. Router



Router diatas mempunyai harga yang mahal bagi kaum receh seperti saya 😌 yaitu sekitar Rp.3.000.000,00 😱 harga yang cukup mahal untuk sebuah router bukan ?

Maaf melenceng, saya akan melanjutkan materinya…

Router adalah perangkat jaringan yang aktif dan intelegent, dapat berpartisipasi dalam manajemen jaringan. Router menyediakan kontrol dinamis untuk mengatur jaringan melalui sumber daya dan mendukung tugas dan tujuan dari jaringan.

LAN mengirim data ke Router, kemudian Router akan menganalisa dengan informasi alamat pada layer 3. Kemudian Router akan meneruskan data ke interface WAN yang sesuai dengan routing table yang dimilikinya.

B. CSU / DSU

Rute komunikasi membutuhkan sinyal yang sesuai dengan formatnya. Untuk rute digital, dibutuhkan sebuah Channel Service Unit (CSU) & Data Service Unit (DSU). Keduanya sering digabungkan menjadi sebuah perangkat yang disebut CSU/DSU.

C. Modem

Modem adalah perangkat sebuah yang dibutuhkan untuk jalur komunikasi analog dibandingkan digital.

Modem biasanya digunakan untuk menghubungkan device komputer/laptop ke internet.

Modem mengirim data melalui rute telepon dengan memodulasi dan demodulasi sinyal. Sinyal digital ditumpangkan ke sinyal suara analog yang sudah dimodulasi untuk ditransmisikan kepada sisi penerima sinyal analog kemudian dikembalikan menjadi sinyal digital/demodulasi.

D. Communication Server

Communication Server mengkonsentrasikan komunikasi user dial-in dan remote akses ke LAN. Communication Server memiliki beberapa interface analog dan digital serta mampu melayani beberapa user sekaligus.

Standar WAN

WAN menggunakan layer OSI tetapi hanya fokus pada layer 1 & 2 yang pada umumnya menggambarkan metode pengiriman layer 1 dan kebutuhan layer 2 termasuk aliran data, alamat fisik dan enkapsulasi.

Pada protokol layer 1 menjelaskan tentang bagaimana menyediakan secara elektris, operasi, mekanis serta fungsi koneksi yang disediakan oleh service provider. Perhatikan gambar dibawah yang merupakan beberapa contoh standar fisik dan konektornya.



Data link layer menjelaskan bagaimana data dienkapsulasi untuk ditransmisikan ke remote site dan mekanisme berfungsi untuk pengiriman yang akan menghasilkan frame.



Contoh teknologi yang digunakan seperti Asynchronous Transfer Mode atau disingkat ATM. Protokol ini menggunakan dasar mekanisme framing yang sama, yaitu HLDC kepanjangan dari High-Level Data Link Control maupun satu dari beberapa varian lainnya seperti Point to Point Protocol.

Demikian pembahasan mengenai Pengenalan, Penjelasan dan Standar WAN pada artikel kali ini. Jika kurang paham dengan penjelasan diatas silahkan bertanya pada kolom komentar dibawah.