Pengenalan Tentang Routing dan Konfigurasinya

Pengenalan Tentang Routing dan Konfigurasinya


indohunter.com | Sebuah jaringan itu membutuhkan yang namanya routing. Apakah kalian pernah mendengarnya ?

Mungkin dari sebuah artikel atau buku disekolahan atau perpustakaan. Jika masih belum mengetahuinya saya akan menjelaskan tentang routing secara singkat.

Apa Itu Routing ?

Routing adalah proses pengiriman data maupun informasi dengan cara meneruskan paket data yang dikirim dari jaringan satu ke jaringan lainnya menggunakan sebuah alat.

loading...

Routing berfungsi untuk menghubungkan suatu jaringan yang berbeda segmen agar dapat mengirim paket data.

Dasar – Dasar Routing

Routing sendiri pastilah mempunyai sebuah dasar untuk membangunnya. Apa saja dasar – dasar tersebut.

A). Routing Langsung dan Tidak Langsung

Didalam proses pengiriman datagram IP (internet protocol) pasti selalu menggunakan yang namanya tabel routing. Tabel routing sendiri berisi informasi – informasi yang digunakan untuk menentukan kemanakah datagram harus dikirim.

Datagram dapat dikirim langsung ke host tujuan atau melalui host lain tergantung pada tabel routingnya.


> Routing Langsung


Routing langsung adalah proses pengiriman data dari satu alamat IP (internet protocol) ke alamat IP lainnya tanpa melalui sebuah host.

Contoh :
Misalkan komputer Anda dengan menggunakan alamat IP 192.168.1.5 ingin mengirimkan data-data ke sebuah komputer/laptop Lainnya dengan alamat IP 192.168.1.7 maka, proses datanya bisa langsung dikirim.


> Routing Tidak Langsung


Routing tak langsung adalah proses  pengiriman data yang harus melalui alamat host lain sebelum menuju alamat host tujuan.

Contoh :
Misalkan data yang dikirimkan oleh Komputer dengan alamat IP 192.168.2.2 ke alamat IP 192.168.2.3 haruslah melewati IP 192.168.2.4 terlebih dahulu sebelum disampaikan ke alamat IP 192.168.2.3 .
Jadi, singkatnya untuk proses ini data tidak bisa langsung dikirimkan ke alamat tujuan, melainkan harus melewati host/alamat IP lain yang tidak sama.

B). Jenis Konfigurasi Routing


Secara umumnya konfigurasi pada routing terdiri dari 3 bagian. Apa saja bagian tersebut.


> Minimal Routing


Sebenarnya dilihat dari namanya sudah dapat diketahui bahwa ini merupakan konfigurasi yang paling sederhana tapi sangatlah diperlukan. Biasanya minimal routing digunakan hanya untuk pemakaian lokal saja.


> Static Routing


Static routing dibuat secara manual pada masing – masing gateway. Jenis ini bisa untuk jaringan kecil dan juga stabil. Stabil disini yaitu dalam arti jarang down.

Jika jaringan static routing tidak stabil dapat membuat kacau seluruh routing. Setiap penambahan sebuah router, maka router yang sudah ada sebelumnya haruslah diberikan tabel routing tambahan secara manual.


> Dynamic Routing


Dengan menggunakan dinamic routing, kalian hanya perlu menjalankan routing protokol yang dipilih dan biarkan bekerja. Secara otomatis tabel routing yang terbaru akan didapatkan.

Walaupun menguntungkan menggunakan dinamic routing. Tetapi, ada juga kerugiannya. Kerugiannya yaitu harus memerlukan routing protokol untuk membuat tabel routing dan ini bisa memakan resource pada komputer kalian.

Itulah tadi penjelasan serta konfigurasi routing yang bisa saya bagikan kepada kalian semua. Semoga dengan membaca artikel ini bisa menambah wawasan dan membantu kalian memahami sebagian dari teknologi didunia.

Jika anda masih belum paham juga dengan apa yang saya jelaskan, silahkan bertanya dikolom komentar. Terima kasih