Perlukah Memasang Antivirus di Smartphone? ini jawabannya

Perlukah Memasang Antivirus di Smartphone? ini jawabannya


indohunter – Smartphone adalah sebuah alat komunikasi yang memiliki kemampuan dengan penggunaan dan fungsi yang menyerupai komputer. Jadi, bisa dikatakan bahwa smartphone adalah komputer kecil.

Salah satu jenis smartphone yang paling populer adalah smartphone android. Android adalah Sistem Operasi dari Google yang kini sudah memimpin pasar dengan banyaknya persentase penjualan mencapai 80% dibandingkan smartphone yang menggunakan OS lain.

Baca juga :

Dengan begitu ramainya android dipasar smartphone bisa menjadi keuntungan bagi para oknum nakal.

loading...

Siapakah oknum nakal tersebut ?

Oknum tersebut adalah para penyebar virus. Virus tersebut biasanya berupa sebuah malware yang digunakan untuk keuntungan pelaku.

Pertanyaannya Apakah Perlu Memasang Antivirus Untuk Menjaga Smartphone Dari Serangan Virus ?

Jawabannya adalah tergantung pada kalian. Sebenarnya virus di smartphone memiliki penyebaran yang berbeda dengan di komputer. Kok bisa, karena sebuah smartphone bisa terjangkit virus setelah memasang sebuah aplikasi yang diunduh bukan dari Google Play Store.

Google Play Store sendiri sudah punya yang namanya antivirus. Antivirus itu bernama Play Protect. Jadi, sebelum sebuah aplikasi android disebarkan oleh pembuat di play store, sudah dapat dipastikan melewati tahap pemeriksaan keamanan, apakah aplikasi tersebut mengandung virus atau tidak.

Sedangkan, di komputer virus bisa masuk hanya dengan melewati sebuah browser. Misalnya saat memasuki website yang memang sudah dipasang virus oleh pelakunya. Jadi, untuk sebuah komputer sangat diperlukan yang namanya Antivirus.

Android bisa aman jika seorang pengguna sudah paham dan pintar menggunakan smartphone androidnya. Misalkan dalam memilih aplikasi yang aman dan juga terbaik atau mengelola penggunaan aplikasi yang memang benar-benar diperlukan penggunaannya dan yang tidak terlalu penting untuk ia digunakan.

Virus diandroid tersebar melalui aplikasi yang tidak memiliki izin tertulis yaitu aplikasi-aplikasi yang diunduh dari internet. Saat sebuah aplikasi yang diunduh di internet dipasang di android, maka pengguna hp tersebut diminta menyetujui menginstall melalui sumber tak dikenal.

Setelah mencentang opsi tersebut barulah ia bisa memasang aplikasinya. Jadi, jika anda adalah seseorang yang masih awam dalam menggunakan smartphone, saya sarankan pasang saja aplikasi antivirus yang ringan dan terbukti kualitasnya.

Baca juga :

Saran

Menurut pendapat saya sendiri, untuk pengguna yang sudah paham penggunaan android yang baik dan benar seperti merawat hp tersebut, Kalian tidak perlu memasang aplikasi antivirus. Karena, hanya akan memberatkan kinerja dan juga berakibat pada penggunaan daya baterai yang boros. Kenapa bisa boros ?

Antivirus itu selalu berjalan dilatar belakang untuk selalu menjaga smartphone dari serangan virus. Jadi walaupun kalian tidak membuka aplikasinya, antivirus tetap berjalan.

Mengatasi Smartphone Yang Terkena Virus !

Kalau sudah kena virus siapa yang repot ?

Kalian bukan…

Nah, untuk mengatasi ini kalian perlu melakukan cara-cara dibawah ini :

1. Virus Spyware

Untuk virus sejenis spyware kalian perlu teliti dalam menginstall sebuah aplikasi yang kalian unduh di internet. Karena virus ini kasat mata. Kalian bisa tidak sadar alias tidak memperhatikan izin aplikasi yang kalian pasang. Jadi, seperti aplikasi yang kalian pasang seperti normal-normal saja. Gak ada masalah tuh.

Akibat fatal dari virus ini yaitu pelaku yang menyebarkan virus ini bisa mengetahui segala informasi pribadi kalian.

Bahkan informasi seperti password pun bisa diketahui karena sudah dipantau melalui virus spyware tadi.

Solusi jika smartphone android anda terkena virus ini adalah dengan menghapus sumbernya yaitu aplikasi yang kalian pasang dan terdapat virus spyware.

2. Virus Malware

Virus Malware adalah virus yang sangat berbahaya bagi android maupun windows. Virus ini bekerja dengan cara merusak sistem di smartphone. Mulai dari membuat memori penuh, kinerja smartphone menjadi sangat-sangat buruk alias ngelag-ngelag, pemakaian internet yang dibatas wajar, bahkan bootloop.

Salah satu solusi paling ampuh jika terkena virus malware yang berbahaya adalah melakukan Factory Reset Atau bahasa lainnya install ulang ke setelan pabrik. Jadi, semua data android anda akan hilang.

Demikianlah artikel mengenai “Perlukah memasang antivirus di smartphone” ini. Semoga bisa bermanfaat bagi anda. Terima kasih