Update! 6 Dampak Buruk Internet Berlebihan Bagi Pelajar

Update! 6 Dampak Buruk Internet Berlebihan Bagi Pelajar


Internet Negatif – Internet merupakan hal yang sangat penting bagi seorang manusia yang hidup di era teknologi saat ini. Setiap detik, menit internet pasti digunakan entah itu searching, bermain medsos, bisnis, maupun bermain game online.

Internet sekarang sudah menjadi seperti kebutuhan sehari-hari bagI kita. Bukan cuma untuk sarana hiburan namun, untuk sarana bisnis, berkomunikasi antar sesama manusia, bahkan untuk sarana belajar.

Namun, dibalik semua hal positif diatas ada saja dampak buruk dari internet ini. Apakah dampak buruk tersebut ? Simak dan pahami penjalasan dibawah ini.

loading...

Dampak Buruk Internet Bagi Seorang Pelajar !

Jika internet yang seharusnya digunakan untuk hal-hal yang positif dan bermanfaat justru malah digunakan untuk berbagai hal negatif maka anda perlu menjadi pengguna yang cerdas dalam berselancar di internet. Dibawah ini adalah beberapa paparan tentang dampak buruk internet bagI seorang pelajar jika digunakan secara berlebihan.

1. Menyebabkan Kecanduan Bagi Penggunanya

Sama halnya dengan makan, internet kini sudah seperti kebutuhan yang tak lepas di kehidupan sehari-hari. Seorang pelajar mungkin lebih memilih membuka media sosial seperti facebook, instagram, line, whatsapp dan lainnya ketimbang menggunakannya sebagai sarana belajar. Itupun hanya jika sangat diperlukan baru ia menggunakannya sebagai sarana belajar.

Bukan hanya untuk media sosial, bahkan sekarang sudah populer dimasyarakat yang namanya Game Online, dari anak-anak, remaja bahkan yang tua pun bermain game online. Hal tersebut membuat kecanduan yang akan mengakibatkan anda membuang-buang waktu untuk sesuatu yang tidak bermanfaat alias tidak berfaedah.

2. Menggunakan Uang Secara Berlebihan

Bagi seseorang yang sudah kecanduan dengan berselancar di internet tentu, membuat ia pasti akan rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang tidak sedikit hanya untuk menggunakan internet ini.

Sama halnya seperti perokok aktif, ia rela menggunakan uang yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan sehari-hari atau hal bermanfaat malahan ia gunakan untuk membeli pulsa atau paket internet.

Kebanyakan orang menggunakan internet untuk hal-hal yang menghibur bagi dia, misalnya streaming youtube, browsing hal-hal yang berbau negatif, atau bermain game online.

Coba sekarang kalian hitung, kira-kira sudah berapa banyak uang yang anda keluarkan setiap hari, minggu atau bulan hanya untuk bisa berinternetan. Sebaiknya anda menggunakan internet dengan batas tertentu dan seperlunya saja.

3. Sarana Kejahatan Dunia Maya (Hoax, Bullying)

Hal ini sudah sering saya lihat bertebaran di media sosial seperti facebook. Bagi seorang pelajar yang sudah kecanduan berinternet misalnya menggunakan media sosial untuk mengisi waktunya tanpa sadar menggunakannya untuk hal-hal negatif.

Bahkan sebagian pelajar merasa medsos seperti facebook contohnya, sebagai dunianya. Ia kerap mengunggah kehidupan sehari-harinya di medsos. Bukan hanya itu, bahkan ia menggunakannya untuk mengadu (curhat) dalam masalah-masalah yang seharunya ia adukan kepada orang terdekatnya.

Tidak jarang juga saya melihat seseorang menyebarkan berita hoax bahkan membuli sesama manusia. Hal diatas bukan cuma pelajar yang melakukannya, bahkan orang dewasa pun kerap melakukannya.

Sebaiknya anda menjadi pengguna yang cerdas dan bijak dalam menggunakan internet.

4. Menimbulkan Kemalasan

BagI seorang pelajar yang menggunakan internet secara bijak ia tidak akan terpengaruh hal-hal negatif, justru ia gunakan untuk menggali informasi dan sarana bagi ia belajar.

Lain halnya dengan pencandu internet yang labil. Ia justru menggunakan internet untuk hal-hal yang bodoh dan tidak bermanfaat, baik itu bagi dirinya ataupun orang lain. Tentu, hal ini menimbulkan sifat malas. Bukan hanya malas belajar, bahkan parahnya ia akan menjadi anti sosial dengan kehidupan nyata.

Lagi-lagi anda haruslah menjadi pengguna internet yang cerdas dan bijak.

5. Menimbulkan Perilaku Buruk

Tanpa anda sadari bahwa diantara kalian semua sudah terpengaruh oleh internet. Akibat orang yang  perilakunya buruk didunia Nyata dibawa ke dunia maya mempengaruhi perilaku dan sopan santun pengguna internet lainnya.

Hal ini sering saya jumpai digrup-grup facebook maupun postingan dari si pemilik akun. Sebaiknya hindari dari perbuatan yang tidak baik seperti berkata kasar dan menghina antar sesama.

6. Sarana Pornografi

Nah, hal ini yang paling buruk bagi seorang pelajar. Bukan berarti hal-hal diatas tadi tidak penting ya.

Begitu buruknya dampak negatif penggunaan internet yang satu ini. Hal ini pun bukan hanya terjadi pada seorang pelajar, bahkan masyarakat pengguna internet lainnya. Ia seakan-akan tidak peduli tentang apa dampak buruk yang didapat dengan menonton, melihat video dewasa.

Walaupun ada tulisan berlabel 18 + tetap saja tidak jarang seorang pelajar menerobos batasnya. Hal tersebut berlaku bukan hanya bagi seorang pelajar, tetapi bagi para orang dewasa.

Sebaiknya anda sudahi melakukan hal ini, karena akan berdampak sangat buruk bagi anda bahkan orang yang berada disekitar anda.

Kesimpulan

Kesimpulan yang saya dapatkan adalah internet membawa dampak baik dan dampak buruk tergantung pada penggunanya. Hal-hal diatas bukan hanya berlaku bagi seorang pelajar tetapi, untuk semua masyarakat pengguna internet.

Jadilah pengguna yang cerdas, bijak dan bermanfaat untuk sesama manusia agar membawa dampak positif bagi anda dan orang yang berada disekitar anda.

Demikianlah arkitel ini saya sampaikan dengan curahan hati saya, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi kalian semua. Terima kasih Kunjungannya