7 Tips Mudah Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

7 Tips Mudah Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone


Fast Charging – Melakukan pengisian baterai adalah hal yang sangat wajar bagi seorang pengguna smartphone. Biasanya orang menyebutnya dengan sebutan Ngecas bukan Ngeces (ngiler) yah, kalau orang lain kadang juga nyebut Nge-Charger.

Ada beberapa orang yang menggunakan jenis adapter yang berbeda yaitu dengan menggunakan Adapter Eksternal, Contohnya Charger Kodok yang biasanya digunakan sebagai alternatif jika port pada smartphone sudah rusak atau karena hal lainnya.

Ada banyak sekali jenis Smartphone sekarang yang sudah menggunakan fitur fast charging maka dari itu sebagai pengguna HP yang belum menggunakan fitur tersebut bisa membuat IRI dengan yang memakainya. Bukan hanya karena kecepatan pengisian daya saja, tetapi karena bisa lebih menghemat waktu para pengguna smartphone.

loading...

Nah, karena banyak sekali pengguna smartphone yang pasti sangat kesal jika menunggu waktu Ngecas HP nya lama maka saya akan membagikan beberapa tips atau lebih tepatnya 6 Tips Mudah Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone.

7 Tips Mudah Mempercepat Pengisian Baterai Smartphone

1. Mematikan Smartphone

Nah untuk yang satu ini sudah pasti kalian tau kan ?

Yups, mematikan HP bukan dimatiin dipukul-pukul atau dilepas baterainya terus dipasang lagi, tetapi dengan mematikan daya alias Power Off yang biasanya dilakukan dengan cara menekan tombol power yang sudah tersedia diberbagai jenis smartphone.

Jika tombol yang kalian gunakan sudah rusak anda bisa nih pake aplikasi yang namanya Quick Reboot tapi jika kalian memakai aplikasi ini haruslah digunakan pada smartphone yang sudah di-Root, kalau gak diroot ya gak bakalan bisa bekerja dengan semestinya.

2. Gunakan Kabel Berkualitas

Hal ini merupakan hal yang jangan dianggap remeh karena menjadi salah satu faktor kecepatan daya hantar listrik dari adapter ke port smartphone.

Apalagi sekarang sudah banyak yang menggunakan kabel dengan teknologi baru yaitu kabel Type-C atau Kabel Lightning karena dengan menggunakan kabel ini Ngecas bisa jadi lebih cepat beberapa kali lipat.

Kekurangannya mungkin baru sedikit yang menggunakan kabel jenis ini, jadi anda harus selalu membawanya kemanapun anda jalan.

Nah, tidak lupa untuk pengguna micro usb kalian bisa gunakan kabel bawaan pada saat membeli smartphone kalian. Karena lebih dijamin kecepatan dan kualitasnya dibandingkan kabel yang dijual dikonter-konter dengan harga 20 ribu sampai 50 ribuan.

3. Gunakan Adapter Kenceng

Maksudnya kenceng disini adalah kecepatan input serta output dari adapter tersebut. Kalau kalian gak tau adapter itu Kepala Cas-an.

Biasanya smartphone dengan kelas menengah kebawah memiliki output standar sekitar 5 volt 2 ampare dan dibawahnya. Jika anda sudah merasa adapter yang kalian gunakan kurang kenceng, anda bisa membeli adapter baru dengan output yang lebih dari 5V-2A tersebut.

Pastikan saat membeli anda sudah cek kualiatas serta keaslian dari adapter tersebut. Anda bisa lihat review-review di youtube agar lebih tau dan paham dengan adapter yang kalian cari.

4. Jangan Gunakan Komputer Sebagai Tempat Ngecas

Saya sudah sering melihat banyak pengguna smartphone yang masih menggunakan port yang ada dikomputer sebagai tempat untuk ngecas smartphonenya. Padahal sebenarnya hal tersebut sangatlah tidak disarankan, karena sebenarnya port usb pada komputer digunakan sebagai media transfer, entah itu berupa data, suara dan lain sebagainya.

Port usb yang seharusnya dipakai untuk mengirim dan menerima data jika digunakan untuk ngecas akan terasa sangat lambat. Hal tersebut karena Output pada port usb komputer hanya berkisar 0,1A-0,5A sedangkan adapter memiliki output diatas 1 ampere.

5. Gunakan Mode Pesawat

Nah, bagi yang belum tau bahwa sebenarnya mode pesawat bukan cuma bisa digunakan saat dipesawat tetapi bisa digunakan untuk banyak hal lainnya, salah satunya untuk membantu mempercepat pengisian daya pada baterai smartphone. Kok bisa pakai mode pesawat bisa mempercepat pengisian daya baterai ?

Hal ini karena mode pesawat mematikan keseluruhan akses kartu simcard yang ada dismartphone kalian. Akses tersebut berupa sinyal, data seluler dan lain sebagainya.

6. Mematikan Proses Latar Belakang Aplikasi

Hal ini biasanya sudah umum terjadi pada semua jenis smartphone. Ada kalanya sebuah aplikasi berjalan dilatar belakang saat smartphone tersebut dimatikan layarnya (screen off).

Kalau kalian tidak ingin mematikan smartphone pada saat proses Ngecas anda bisa mematikan proses aplikasi pada latar belakang smartphone kalian. Anda bisa menyakalan Mode Developer > Cari “Batasi Proses Latar Belakang” > Standar atau anda bisa mengaturnya sesuai kebutuhan.

Jika dipengaturan kalian ada opsi lainnya seperti aplikasi yang dilindungi, anda bisa mengeceknya dan matikan aplikasi yang ingin dihentikan proses latar belakangnya.

7. Hindari Tempat Panas

Tempat yang panas bisa menjadi salah satu penyebab pengisian baterai smartphone menjadi lambat. Ada beberapa alasan kenapa Ngecas ditempat yang panas sangat tidak dianjurkan.

Salah satunya adalah karena panas yang terdapat pada smartphone bisa memuai kesegala tempat dismartphone. Tentunya hal ini bisa menyebabkan dampak buruk bagi smartphone itu sendiri. Jadi, hindari tempat yang panas.

Itulah 7 Tips Mempercepat Pengisian Baterai Dengan Mudah dari saya, semoga bisa bermanfaat bagi kalian semua. Jangan lupa untuk SHARE artikel ini. Terima Kasih